penyebab dehidrasi

Ketahui Penyebab Dehidrasi dan Bahayanya Berikut Ini

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi yang terbilang cukup buruk di mana tubuh seseorang kekurangan cairan, sehingga tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal [1]. Untuk penyebab dehidrasi sendiri ada beberapa alasannya. Di bawah ini akan dijelaskan tidak hanya penyebab terjadinya dehidrasi tapi juga bahayanya bagi tubuh.

Penyebab Dehidrasi yang Umum Terjadi

Ada beberapa hal umum yang bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor yang memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh.

  • Mengalami Stres

Seseorang dengan kondisi stres yang tinggi akan mudah mengalami dehidrasi. Hormon stress yang meningkat terus-menerus membuat anda kehilangan banyak cairan tubuh dan juga berujung pada kelelahan. Hormon stress ini membuat sistem aliran air di tubuh menjadi lemah maka terjadi dehidrasi.

  • Berkeringat Secara Berlebihan

Seseorang yang bekerja di tempat yang panas atau beraktivitas dengan intensitas pengeluaran keringat yang tinggi rentan mengalami dehidrasi. Penyebab dehidrasi ini adalah karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang setara dengan yang dikeluarkan.

Ketika sedang beraktivitas berat atau padat, terkadang kita lupa untuk mengonsumsi air putih sehingga kerap terjadi gejala dehidrasi ringan. Jangan lupa selalu sedia air minum di dekatmu ya!

  • Konsumsi Minuman Beralkohol [4]

Ternyata minum minuman beralkohol juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami dehidrasi. Pada minuman beralkohol punya kandungan diuretik.

Kandungan ini membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Tentu saja karena mengalami buang air kecil terus menerus anda akan kekurangan banyak cairan yang menyebabkan dehidrasi.

  • Pengidap Diabetes¬† dan Diare [2]

Seseorang yang menderita diabetes juga rentan mengalami dehidrasi. Seorang penderita diabetes tentu memiliki kadar gula darah yang tinggi, sehingga kondisi ini membuat penderitanya melakukan buang air kecil terus menerus.

Begitu juga yang dialami penderita diare. Seseorang yang punya kondisi kurang baik pada sistem pencernaan ini, membuat tubuhnya kehilangan banyak cairan. Jadi tidak heran mengapa orang yang sedang kena diare tubuhnya akan lemas. Untuk itu minuman untuk dehidrasi sangat penting diberikan orang yang sakit diare.

Bahaya Dehidrasi Pada Tubuh Seseorang

Bahaya dehidrasi tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Bahkan pada penderita dehidrasi akut bisa menyebabkan resiko kesehatan yang berbahaya.

  • Sembelit [5], bahaya dehidrasi yang umumnya terjadi adalah seseorang akan susah buang air besar. Karena meski Anda mengkonsumsi makanan sehat tetapi ketika kekurangan cairan maka makanan tersebut susah bergerak bebas di saluran pencernaan. Ini disebabkan karena usus besar tidak bisa menghemat air karena anda kekurangan cairan dan menyebabkan feses menjadi keras dan kering sehingga timbulah penyakit sembelit.
  • Urine berubah warna [5], seseorang yang mengalami kekurangan cairan tentu saja warna urinnya berubah menjadi lebih gelap. Warna urine yang gelap merupakan sinyal bahwa ginjal melakukan usahanya lebih keras untuk menghemat air. Penghematan air ini membuat produksi urin juga berhenti yang akhirnya membuat warna oren jadi lebih kuning pekat.
  • Jantung berdebar, orang yang kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi biasanya merasa jantungnya terus berdebar-debar. Ini karena jantung tidak bisa berfungsi secara normal akibat kadar elektrolit yang berubah.
  • Kulit tidak kenyal [5], dehidrasi berat yang terus-menerus terjadi bisa membuat kulit anda kehilangan elastisitasnya. Biasanya juga kulit yang memiliki kondisi normal akan berubah menjadi kering akibat kurang cairan.
  • Kejang otot [5], penyebab dehidrasi yang membuat orang banyak kehilangan cairan jika dibiarkan terus-menerus bisa membuat ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi ini akan memicu kejang otot. Kejang otot ini akibat reaksi kontraksi otot yang tidak disengaja dan kehilangan kesadaran.

Waktu Terbaik Minum AQUA Agar Terhindar Dari Dehidrasi

Untuk membuat tubuh tidak kehilangan cairan penyebab dehidrasi, tentu saja Anda harus minum air mineral berkualitas salah satunya dari yang paling direkomendasikan yaitu AQUA. Berikut ini beberapa waktu terbaik untuk minum AQUA.

  • Pagi hari [3], sebelum memulai hari alias saat bangun pagi maka awali dengan segelas air putih dari AQUA. Fungsinya tentu saja untuk membuang seluruh racun yang ada di tubuh Anda. Maka dari itu penting juga untuk selalu menyediakan air mineral AQUA di kamar. Jadi ketika bangun tidur di pagi hari bisa langsung minum AQUA tanpa harus ditunda atau alasan lupa.
  • Sebelum makan [3], 30 menit sebelum waktunya makan sebaiknya konsumsi segelas AQUA untuk membuat pencernaan lebih lancar.
  • Sebelum tidur [3], konsumsi air mineral 1 jam lebih awal sebelum waktunya terlelap. Fungsinya untuk menjaga anda tidak kehilangan cairan saat tidur.
  • Sebelum dan sesudah olahraga [3], minum air mineral membantu menstabilkan cairan tubuh dan juga detak jantung. Apalagi setelah lelah olahraga maka sebaiknya minum air AQUA.
  • Saat sakit [3], fungsi minum air mineral lebih banyak ketika sakit yaitu membantu menuntaskan kuman dan bakteri yang sedang menjangkiti tubuh.
  • Saat hamil [3], ibu yang sedang mengandung atau menyusui tentu saja membutuhkan lebih banyak cairan dari pada orang normal pada umumnya. Setidaknya baik ibu hamil ataupun menyusui membutuhkan 10 gelas AQUA per hari.
  • Sebelum melakukan aktifitas mandi [3], Anda juga harus mengingat bahwa sebelum mandi, minum segelas air sangat bagus. AQUA yang anda konsumsi punya tugas untuk membuat tekanan darah dan juga suhu tubuh lebih stabil.

Nah tentu sekarang anda sudah mengetahui apa saja penyebab dehidrasi dan juga bahayanya. Serta manfaat minum AQUA setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Jadi konsumsi air mineral hanya dari AQUA dan rasakan manfaatnya.

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/dehidrasi

https://www.alodokter.com/dehidrasi/penyebab

https://www.sehataqua.co.id/aturan-ideal-minum-air-putih-yang-baik-untuk-kesehatan/

https://www.halodoc.com/kesehatan/dehidrasi

https://www.alodokter.com/dehidrasi/gejala